Sulit distarter atau mesin tidak mau hidup sering jadi masalah tersendiri, apalagi jika kita tidak mengerti bagaimana merawat mobil. Berikut solusinya:
1. Hal pertama yang perlu diketahui adalah sistem kelistrikan mobil. Bila mobil telah menggunakan sistem CDI (serba elektronik), jangan berusaha membetulkannya secara manual karena sistem ini membutuhkan ahli mekanik handal serta peralatan yang hanya ada di bengkel-bengkel mobil.
2. Cek accu
Mungkin sistem kelistrikannya sudah dalam kondisi kurang bagus, di permukaan atas accu ada indikator yang menunjukkan kondisi terakhir dari accu, bisa dilihat kondisi accu bagus/rusak atau malah air kosong karena lupa mengecek berkala.
Pada teknologi mobil baru, bila masalah terjadi pada CDI maka perlu dibawa ke bengkel karena sudah rumit dan sulit ditangani sendiri.
Pada teknologi mobil lama berarti pada plat platina, cek tonjolan plat platina, bila sudah kusam berarti tidak bisa menangkap percikan listrik. Supaya platina bisa berfungsi kembali, gunakan amplas untuk menghapus debu/flek yang menempel.
3. Periksa boks sekring
Perhatikan apakah sekring yang telah terpasang masih utuh atau tidak, bila kawat sambungannya sudah putus, berarti sekring sudah harus diganti. Untuk keadaan darurat, pakailah kawat atau serabut kabel untuk dipasang sementara pada sekring tersebut.
4. Suplai bahan bakar
Kurangnya suplai bahan bakar pada sistem karburator (berarti saringan karburator kotor). Periksa saringannya, cabut filternya dan bersihkan dengan kuas atau sikat gigi. Jangan gunakan alat pemanas seperti hair dryer dan sejenisnya, karena bisa merusak dinding saringan udara.
Semoga bermanfaat :)
Sumber: Tahta TN (150 Tips Perawatan Mobil)
1. Hal pertama yang perlu diketahui adalah sistem kelistrikan mobil. Bila mobil telah menggunakan sistem CDI (serba elektronik), jangan berusaha membetulkannya secara manual karena sistem ini membutuhkan ahli mekanik handal serta peralatan yang hanya ada di bengkel-bengkel mobil.
2. Cek accu
Mungkin sistem kelistrikannya sudah dalam kondisi kurang bagus, di permukaan atas accu ada indikator yang menunjukkan kondisi terakhir dari accu, bisa dilihat kondisi accu bagus/rusak atau malah air kosong karena lupa mengecek berkala.
Pada teknologi mobil baru, bila masalah terjadi pada CDI maka perlu dibawa ke bengkel karena sudah rumit dan sulit ditangani sendiri.
Pada teknologi mobil lama berarti pada plat platina, cek tonjolan plat platina, bila sudah kusam berarti tidak bisa menangkap percikan listrik. Supaya platina bisa berfungsi kembali, gunakan amplas untuk menghapus debu/flek yang menempel.
3. Periksa boks sekring
Perhatikan apakah sekring yang telah terpasang masih utuh atau tidak, bila kawat sambungannya sudah putus, berarti sekring sudah harus diganti. Untuk keadaan darurat, pakailah kawat atau serabut kabel untuk dipasang sementara pada sekring tersebut.
4. Suplai bahan bakar
Kurangnya suplai bahan bakar pada sistem karburator (berarti saringan karburator kotor). Periksa saringannya, cabut filternya dan bersihkan dengan kuas atau sikat gigi. Jangan gunakan alat pemanas seperti hair dryer dan sejenisnya, karena bisa merusak dinding saringan udara.
Semoga bermanfaat :)
Sumber: Tahta TN (150 Tips Perawatan Mobil)
Post a Comment