Wednesday, May 19, 2010

Pantai Klayar Pacitan (Jilid 2 - Habis)

Setelah muter-muter kota Pacitan, mampir ke warung sekedar menghangatkan tubuh dengan kopi kesukaan ~Nescafe~ .. kemudian time is sleep .. alias tidur mendengkur. Tepat pukul 03.30 wib dibangunan bunyi alarm HP, shalat 2 rekaat, lanjut prepare ke Pantai Klayar (konon masih 40 km dari Kota Pacitan). Dengan berbekal informasi dan peta waktu makan malam di RM Padang, berangkat dengan Bismillah ... dua motor bertiga ... Jalan malam melewati jalan yang sudah mulai ada tanda-tanda aktivitas dengan banyaknya "para pedagang ke pasar" .. jalan pelan 40km/jam menyusuri jalan bus menuju Solo ... setelah sampai pertigaan yg ada petunjuk arah Pantai Srau, Pantai Klayar dan Pantai Watukarung ... terjadi perbedaan pendapat. APa benar jalan ini yang harus di lewati? ... Saya sendiri menghendaki jalan terus, lewat goa gong (walaupun ini juga masih meraba-raba jalannya). Namun, diputuskan melewati sesuai petunjuk arah jalan itu ... ok gpp .. jalan kampung (agak sempit) dilewati ... serta terus mengawasi petunjuk arah jalan. selang 30 menit, sampai di pertigaan arah ke Pantai Srau .. ambil jalan terus ... dan selang 30 menit sampai di pertigaan arah ke Pantai Watukarung ... dan terdengar kumandang azan subuh. Kebetulan deket dengan musholla ... sip dah ... bisa shalat jamaah sekalian tanya2 arah ke Pantai Klayar ... (dasar petualang tanpa rencana matang ... wkwkwkwkwk). Setelah shalat subuh 4 rakaat eh .. maksutnya 2 rekaat sebelum subuh dan subuhnya sendiri ... kita ngobrol ngalor ngidul dengan jamaah .. yang ternyata salah seorang dari mereka tetangga temen di Madiun ... hehe. Memang dunia tak seluas daun kelor, katanya. Setelah basa basi yang basi kalo nggak dimanfaatkan untuk tanya arah ke Pantai Klayar ... kita dapat info "menarik" kalau arah ke klayar seharusnya tidak lewat jalur ini, tapi lewat Goa Gong yang jalannya lebih mulus. Huft ... kok gk kemarin2 pak, kasih info .... xixixixixi. Tapi, petualang tidak patah semangat, setelah diberi gambaran "medan" yang ditempuh tidak lebih baik dari sebelumya, karena melewati jalan kecil bekas jalan beraspal, bisa dibayangin ... batu2 kerikil bertebaran di sana-sini. Belum lagi selang beberapa menit, melewati jembatan curam karena turunan yang tajam lewat jembatan trus tanjakan dengan kondisi jalan seperti itu... hiks hiks hiks ... mbok eeeeeeeeeeeeeeeeeeee .... Agak diuntungkan, coz .. hari sudah mulai terang. Dan ... ketika menengok ke belakang, sudah berapa bukit terlewati ... hohohoho.... Dannnnnnnnnnnnnnnn ... di kejauhan terhampar aspal mulus ... ajibbbbbbbb bikin semangat yang mulai meredup, membara lagi nehhh.... sepeda motorku sedikit kupacu dijalan rusak ... hehe. Ternyata "awal" dari aspal yang mulus itu ada pertigaan ... dan ada petunjuk arah ke Pantai Klayar panah ke kiri, artinya bukan jalan yang mulus itu, tapi LAGI-LAGI jalan rusak .. hiks hiks. Namun, waktu nanya penduduk ... pantai Klayar tinggal 2 km lagi. Pelan-pelan menyusuri arah ke Pantai Klayar, dan sampailah pada pemandangan yang menakjubkan dari atas terlihat hamparan laut luas nan biru dan keelokan pantai Klayar dengan pohon kelapanya. Rasa capek, sebel, hati mangkel plus lapar, serasa terobati dengan keelokan Pantai Klayar dari jarak jauh. Sekitar pukul 06.00 wib tiba di Pantai Klayar. Kami turuni jalan pelan-pelan, dan terdengar deburan ombak pantai Klayar. Hanya satu kata .... SUBHANALLAH .. begitu indahnya. Akhirnya, motor diparkir di pinggiran pantai, sendal di lepas, dan bertiga berjalan lepas menikmati keindahan pantai Klayar. Gemericik air dan deburan ombak menghamtam karang, menambah suasana pagi di Pantai Klayar.
Nehhhh ... foto-fotonya ...
 Dari jalan masuk, disuguhi pemandangan seperti ini .... capek hilang plassss!!!

Sederhana ... papan nama Pantai Klayar

Deburan ombak putih bersih ... kayak busa sabun

Suara deburan ombak membahana, bak irama yang merdu hoho

Busa putih ... mendatangiku ... qiqiqiqi

Santai sejenak .... menikmati keindahan alam ciptaan YANG KUASA ... :)

Air mancur "muncrat" dari sela-sela karang ... mengeluarkan irama bak "seruling laut"

Dari atas bukit .... amazing .... ckckck

Sisi barat ... laut lepassss  .. dengan ombak eksotis

Pengen liat vidionya, nih ... q sertaka sekalian ... tpi jangan tanya kualitasnya .. maklum hasil record dari camera digital ... he he he ...

Seruling Laut dengan Pelangi diatasnya

Deburan dan Keindahan Ombaknya

View lain .... tidak kalah eksotisnya

Yang ini juga bagus og ...

palagi yang ini ... he he

Keindahan Pantai Klayar, tepatnya di Desa Kalak Pacitan telah menarik perhatian wedding organizer untuk keperluan pemotretan "pre wedding". Beberapa kali aku berkunjung ke Pantai ini, selalu "bareng" dengan even pemotretan "pre wedding" dari Yogyakarta dan Solo.  Anda tertarik ... berminat ingin menikmati keindahan Pantai Klayar?

Rute ke Pantai Klayar :
- Dari Pacitan (timur) dari alun-alun ke barat lurus dan mengikuti "jalan tembus" sampai pertigaan jalan besar jurusan solo di Kecamatan Pringkuku ...(ngirit 20km an bila lewat jalur bus antar kota). Sesampainya di pertigaan arah Goa Gong, masuk .. mengikuti jalur ke Goa Gong, sampai ketemu pertigaan ke goa gong ... ke pantai Klayar terus ... kurang lebih 10km dari Goa Gong.
- Dari Solo : Sesampainya di pertigaan arah Goa Gong, masuk .. mengikuti jalur ke Goa Gong, sampai ketemu pertigaan ke goa gong ... ke pantai Klayar terus ... kurang lebih 10km dari Goa Gong.

Dengan "benda UFO" inilah ... aku tiba di Pantai Klayar

1. Kapan bisa kembali ke sana lagi, perjalanannya membuat kangen ... palagi pantainya, bikin "gemes"

2. subhanallah memang indah koq..... untuk dapat kesuksesan mang harus melalui jalan terjal..... I Miss U Klayar Beach

3. bulan november 2010 kemarin .. sya ke pantai klayar akses jalannya sudah diaspal sampai pinggir pantai. bahkan akses ke pantai watukarung, pantai srau juga sudah mulus ...

4. aduh pingin banget, kalau dari Bantul, paling dekat arahnya menuju kemana ya?

5. dari yogya .. via wonosari arah pacitan ... sampai di pringkuku, ambil kanan arah goa gong ... kira2 10km dari jlan raya ..